Senin, 01 Agustus 2011

COLLABORATIVE LEARNING


Collaborative leraning adalah pembelajaran dimana para pesertanya saling berbicara untuk bertukar pikiran, melalui pembicaraan tersebut terjadi diskusi dimana para peserta dalam kelompok saling bereksplorasi, mendapat penjelasan, berbagi interpretasi, mendapat wawasan dari opini-opini yang berbeda, keterangan dan jika terdapat sesuatu yang tidak jelas dapat langsung ditanyakan
Proses pembelajaran collaborative learning dilakukan dengan pembentukan tim belajar (study team) serta pemberian tugas-tugas yang dapat meningkatkan kerja sama dan ketergantungan yang positif serta penggunaan evaluasi melalui dua bentuk pendekatan yaitu penilaian hasil dan penilaian proses.
Hasil penerapan metode collaborative learning meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya mahasiswa Prodi Psikologi Universitas Islam Indonesia. Kerja sama dan keakraban antar mahasiswa serta rasa lebih menghargai pendapat secara keseluruhan meningkat.
Proses belajar kelompok yang setiap anggotanya aktif menyumbangkan informasi, pengalaman, ide, sikap, pendapat, kemampuan, dan keterampilan yang dimiliki untuk bersama-sama saling meningkatkan pemahaman
Ciri dari collaborative learning antara lain:
1.      Kerjasama dalam mengerjakan tugas sesuai dengan dasar keahlian
2.      Perception sharing
3.      Problem solving and comunication group
4.      Hasil:sebagai pandangan dalam mengatasi/memecahkan problema
5.      Keberhasilan pada hasil penyelesaian
Fungsi dari collaborative learning:
  1. Mendorong siswa untuk menjadi pemelajar yang mandiri, percaya diri, dan bertanggung jawab.
  2. Meningkatkan kemampuan berfikir kritis.
  3. Meningkatkan ketrampilan menyelesaikan masalah.
  4. Mahasiswa memperoleh pemahaman yang mendalam
Ada 2 unsur dari collaborative learning:
      1.Ada tujuan yang sama
Diskusi menentukan strategi, keputusan bersama, persoalan milik bersama
      2.Ketergantungan yang positif
Anggota berhasil bila seluruh anggota bekerja sama.
Bentuk-bentuk belajar collaborative anatara lain:
1)Student teams achievement divisions
  1. Sajian dosen
  2. Diskusi kelompok mahasiswa
  3. Tes/kuis/silang Tanya antar kelompok
  4. Penguatan dosen
Langkah-langkah pokok dalam student teams achievement division antara lain:
  1. Presentasi dosen, perhatian cermat mahasiswa membantu quis
  2. TIM(Kelompok) yang berfungsi:
    • membantu anggota mengerjakan quis dengan baik
    • Anggota mengerjakan sesuatu yang baik untuk TIM
    • TIM juga berbuat sesuatu yang terbaik untuk membantu anggota
2)Teams games tournament(TGT)
Langkah dalam teams games tournament ini antara lain:
  1. Presentasi dosen
  2. TIM
  3. Permainan
Contoh:pertanyaan tentang materi yang relevan
             Pertanyaan disusun dalam kertas kerja
3)Jigsaw
   Ciri-ciri dalam jigsaw antara lain:
  1. Mempersyratkan adanya bahan ajar
  2. Perlu kemampuan individual sebagai peer tutor bagi teman sekelompok
     c.  Kelompok terdiri dari beberapa mahasiswa dengan tingkat heterogenitas tinggi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar